5 Cara Membuat Cat Dinding Bagian Luar Awet

11 Feb 5 Cara Membuat Cat Dinding Bagian Luar Awet

Dinding bangunan bagian luar memang lebih mudah rusak ketimbang yang bagian dalam.

Penyebab kejadian ini berupa dinding bagian luar lebih sering terekspos cahaya matahari serta air hujan secara bergantian. Perubahan suhu yang ekstrem juga menyumbang kondisi cat dinding cepat rusak.

Tidak heran jika banyak ahli menyarankan untuk menggunakan cat waterproofing untuk dinding bagian luar. Cat waterproofing mampu melindungi cat dinding dari kondisi cuaca ekstrem, paparan sinar matahari, serta air hujan. Hanya saja, penggunaan cat harus sesuai dengan anjuran.

Untuk menjaga cat dinding bagian luar awet, berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan saat akan mengecat ulang.

Bersihkan Dinding Sebelum Di Cat

Sebelum melakukan pengecatan ulang, sebaiknya dinding dibersihkan terlebih dahulu. Pembersihan dimulai dari mengelupas cat lama. Setelah itu, pastikan dinding tidak memiliki noda maupun debu yang tebal. Anda bisa menyiram dengan air untuk memastikannya.

Jika dinding lama berjamur dan berlumut, Anda bisa menggunakan kaporit untuk membersihkannya. Ini bertujuan untuk membunuh jamur yang sudah terlanjur hidup di bagian dinding tersebut. 

Untuk pengecatan ulang, tunggu hingga dinding benar-benar kering. Ini bertujuan agar dinding tidak mengalami lembab saat dicat. Jika dinding masih basah dan tetap melakukan pengecatan, kandungan alkali pada dinding akan tinggi. Hal tesebut akan membuat dinding lembab dan cepas mengelupas.

Sesuaikan Jenis Cat

Hal yang harus Anda perhatikan kemudian adalah membeli cat sesuai dengan bahan dinding. Jika dinding rumah Anda terbuat dari tembok, harus membeli cat untuk tembok. Pun begitu sebaliknya jika dinding Anda terbuat dari kayu, beli cat khusus kayu.

Baca Juga: 7 Jenis Cat Dan Fungsinya Yang Harus Anda Ketahui

Selanjutnya beli cat yang memang khusus untuk eksterior rumah. Hal ini dikarenakan, cat eksterior memang diformulasikan untuk melindungi dinding dari paparan cuaca di luar rumah. Jadi cat jenis ini mampu melindungi dinding lebih baik ketimbang cat biasa. Cat eksterior biasanya memiliki perlindungan lebih dengan waterproofing. Anda bisa memperoleh jenis cat waterproofing yang bagus dan murah di Bital.

Memilih Waktu Yang Tepat

Pilihah waktu yang tepat pada saat akan melakukan pengecatan. Disarankan untuk mengecat dinding bagian luar saat cuaca cerah atau bukan musim hujan. Ini supaya kondisi dinding saat dicat benar-benar kering dan tidak lembab. Kemudian proses pengeringan cat juga akan lebih cepat karena dibantu cahaya matahari.

Cat Dasar Untuk Hasil Lebih Baik

Jika ingin memiliki daya tutup dan sebar yang baik, Anda bisa menggunakan cat dasar sebelum aplikasikan cat. Cat dasar mampu memperkecil risiko tumbuhnya jamur atau lumut pada dinding. Selain itu, cat dasar secara keseluruhan memberikan perlindungan untuk dinding bagian luar. 

Teknik Mengecat Yang Tepat

Saat mengecat, gunakan alat yang memang nyaman, misalnya saja roll. Alat ini dianggap lebih efesien, pasalnya roll memiliki permukaan yang lebih panjang. Jadi bisa lebih cepat dalam proses pengecatan. Teknik mengecat menggunakan roll sebaiknya sambil ditekan saat sedang mengaplikasikan cat. Hal ini dilakukan supaya cat bisa menempel dengan baik.

Selanjutnya, saat melakukan pengecatan, mulai dengan daerah yang sulit. Misalnya saja perbatasan antara dinding dengan atap. Kemudian, cat daerah dinding sudut yang sulit. Setelah itu, baru melakukan pengecatan di bagian yang mudah dijangkau.

Baca Juga: Memilih Warna Cat Tembok Yang Sesuai Untuk Rumah Anda

Bitadur, cat waterproofing dari Bital menawarkan cat waterproofing berteknologi Belgia yang dapat memberikan perlindungan untuk dinding bagian luar bangunan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di sini.