7 Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa Pendingin

05 Apr 7 Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa Pendingin

Rumah yang memiliki suasana sejuk yang alami merupakan idaman bagi banyak orang. Ketika Anda tinggal di wilayah kota, rumah yang sejuk akan menguntungkan ketika musim kemarau tiba.

Namun, tidak banyak orang yang memiliki atau mengusahakan membuat suasana yang sejuk rumah. Orang masih mengupayakan menggunakan pendingin seperti AC untuk mendinginkan ruangan. Bagaimana caranya untuk membuat kondisi rumah bisa sejuk tanpa pendingin? Berikut beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan untuk rumah menjadi sejuk tanpa pendingin.

Ventilasi Silang

Tidak ada salahnya mencoba membangun ventilasi silang ketika Anda sedang membangun rumah. Ventilasi silang ini memampukan udara untuk menjadi lebih sejuk.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah ventilasi silang? Secara esensinya, tempat sirkulasi udara yang saling berhadapan satu sama lain. Ventilasi untuk udara bersikulasi tidak hanya di satu sisi saja. Contohnya, posisi jendela dan posisi pintu berada di sisi yang berbeda dan saling berhadapan. Dengan ventilasi yang berada di kedua sisi, membuat udara bisa masuk ke rumah dengan baik seharian.

Tanaman Dekat Jendela

Cara lain untuk membuat rumah lebih sejuk dengan meletakkan tanaman hijau dekat jendela. Tanaman mampu untuk melakukan sirkulasi udara, yang akhirnya akan menghilangkan hawa panas. Bagaimana prosesnya? Ketika jendela dibuka, tanaman akan melepas O2. Kemudian, angin akan mengedarkan O2 tersebut ke isi rumah. Rumah akan memiliki udara yang sejuk dan lebih segar.

Baca Juga: 5 Ide Warna Cat Tembok Dengan Mengikuti Feng Shui

Membuat Taman Vertikal

Trend membuat taman vertikal untuk di rumah sedang berkembang. Tidak hanya trend ini menampilkan cara menghemat lahan atau keindahan dalam menyusun, tetapi juga memiliki manfaat untuk membuat udara lebih sejuk. Taman vertikal ini akan membantu mengatasi udara panas yang dipantulkan gedung tinggi maupun udara panas sekitar.

Meminimalisasi Penggunaan Alat Elektronik

Alat elektronik menghasilkan panas ketika alat-alat tersebut sedang beroperasi. Jadi ketika rumah Anda menjalankan terlalu banyak peralatan elektronik, tidak mengherankan apabila rumah akan semakin panas. Selain itu, panas lampu juga berpengaruh terhadap suhu dalam ruangan. Gunakan lampu LED untuk menghasilkan panas yang lebih sedikit.

Cat Atap Dengan Warna Putih

Anda bisa mengurangi panas dalam rumah dengan memantulkan panas tersebut. Bagaimana caranya? Lakukan pengecatan atap atau dak menggunakan warna putih. Mengapa putih? Warna putih mampu memantulkan sinar ultraviolet. Ketika Anda menggunakan warna ini, panas bisa terpantulkan supaya rumah menjadi lebih sejuk.

Membuat Taman Dengan Kolam

Memiliki lahan hijau di luar rumah dapat membantu rumah menjadi lebih sejuk. Anda bisa menambahkan dengan membuat kolam jika Anda memiliki biaya dan ruang untuk membuatnya. Tanaman hijau bisa menghasilkan O2 untuk mengatasi panas. Sedangkan air, memiliki sifat dingin yang akan membantu rumah lebih dingin.

Jika Anda hendak membuat kolam dan taman, gunakan cat waterproofing untuk melapisi tembok atau dinding kolam. Hal ini supaya air tidak rembes dan membuat tembok rumah jadi mengelupas dan lembab, yang nantinya dapat memunculkan jamur.

Selain mampu melindungi tembok dari air rembes, cat waterproofing mampu melindungi tembok dari beragam cuaca, termasuk cahaya yang terik. Cat waterproofing kini juga memiliki beragam warna yang bisa Anda manfaatkan guna memperindah tampilan taman.

Mengecat Tembok

Memilih warna cat tembok yang sesuai merupakan langkah selanjutnya yang Anda bisa lakukan. Rumah yang lebih sejuk dapat tercapai dengan memilih warna cat tembok yang tepat. Anda bisa memilih warna-warna seperti putih, biru muda, atau hijau pastel. Warna-warna yang menyegarkan dapat membantu membentuk suasana yang sejuk tidak hanya di ruangan tersebut, namun juga untuk pikiran Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Foaming Pada Dinding Warna Cat Rumah

Pilihlah cat yang memiliki kualitas bagus untuk mendukung suasana yang sejuk seperti produk dari Bital Asia. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa klik di sini!