Cat Tembok Meleleh Dan Menggumpal? Begini Cara Mengatasinya!

09 Apr Cat Tembok Meleleh Dan Menggumpal? Begini Cara Mengatasinya!

Mengecat rumah bukanlah persoalan yang mudah dilakukan. Supaya tampilan rumah memiliki hak terbaik, teknik mengecat pun harus dilakukan tepat saat mengecat.

Tidak hanya teknik pengecatan yang ideal, situasi pada saat Anda mengecat juga perlu diperhatikan. Ada waktu-waktu tertentu supaya proses pengecatan berjalan dengan efektif. Hasil cat tembok pun akan terlihat lebih maksimal, terutama pada saat proses pengeringan.

Bila melakukan pengecatan dengan cara yang salah, beberapa masalah tertentu dapat muncul ke permukaan. Tentu saja masalah ini akan membuat tampilan cat tembok Anda menjadi tidak menarik untuk dipandang. Salah satu masalah yang bisa timbul karena teknik mengecat yang salah adalah sagging.

Baca Juga: Cat Tembok VS Wallpaper, Mana Yang Lebih Bagus?

Cat Tembok Mengalami Sagging

Apa itu sagging? Sagging merupakan kondisi di mana melelehnya lapisan cat tembok. Umumnya, sagging terjadi pada bidang yang vertikal. Cat akan terlihat menggumpal atau menekuk pada satu bagian tembok. Kondisi ini bisa saja terjadi pada beberapa titik tembok. Jika ini terjadi, tembok tidak akan enak untuk dilihat.

Apa sebenarnya penyebab masalah sagging tersebut? Sagging bisa terjadi karena Anda mengaplikasikan cat yang terlalu banyak pada saat mengecat. Cat akan meleleh sebelum kering dan berkumpul di satu titik. Selain itu, kondisi tembok maupun lingkungan yang terlalu lembab dapat memengaruhinya. Proses pengeringan membutuhkan waktu dan ini yang membuat cat meleleh.

Selanjutnya, sagging juga bisa terjadi karena tembok terkontaminasi minyak atau lemak. Cat tidak bisa menyatu dengan kedua bahan tersebut yang membuatnya meleleh. Terlalu encer pada campuran cat bisa juga membuat sagging. Menyemprot terlalu dekat dengan tembok atau tidak merata bisa menimbulkan sagging.

Cara Mengatasi Sagging

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama, jika kondisi cat tembok masih basah, Anda bisa menyikat atau menggulungkan roll, lalu ratakan ke bagian lain. Untuk cat yang sudah mengering, amplas bagian cat yang sagging. Lalu aplikasikan cat yang baru.

Kemudian, bagaimana cara menghindari masalah sagging tersebut? Kenali cat yang akan Anda beli. Perlukah memberikan lapisan yang banyak atau cukup 2-3 lapis saja untuk memberikan warna yang sempurna? 

Hal tersebut bisa Anda tanyakan pada penjual cat. Anda juga bisa mencari tahu informasi cat tembok yang dibeli di internet. Mengetahui cat yang akan Anda beli berperan penting untuk proses pengecatan nantinya untuk dinding rumah Anda.

Selanjutnya, bersihkan dulu tembok sebelum melakukan pengecatan. Ini supaya kondisi tembok yang akan dicat bersih dari minyak, lemak, atau noda lainnya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan permukaan tembok. Permukaan tembok yang tidak rata akan memengaruhi proses pengecatan.

Memilih cat tembok dengan kualitas bagus merupakan hal yang penting. Cat berkualitas akan membantu proses pengeringan lebih efisien. Salah satu cat yang memiliki kualitas tinggi dengna harga terjangkau adalah cat dari Bital Asia. Proses pengeringan cepat, daya sebar luas, dan tidak perlu melapisi terlalu banyak untuk memberikan warna cat tembok. Beragam warna cat tembok bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa Pendingin

Bila Anda yang menginginkan menggunakan cat dari Bital Asia untuk rumah Anda, klik di sini. Segera dapatkan cat terbaik yang memberikan hasil terbaik untuk rumah Anda!