Berikut 5 Cara Merawat Atap Rumah Yang Benar

16 Apr Berikut 5 Cara Merawat Atap Rumah Yang Benar

Atap memberikan perlindungan untuk Anda dari berbagai macam cuaca seperti hujan dan terik matahari. Untuk itu, Anda juga perlu memberikan perlindungan untuk atap.

Salah satu musim yang merusak atap dan menimbullkan gangguan adalah musim penghujan. Pada musim ini, masyarakat menjadi was-was dengan huniannya yang memiliki atap rusak atau bocor. Air hujan yang masuk dapat merusak furnitur dan peralatan rumah. Selain itu, bisa membuat basah lantai serta membuat tembok rumah menjadi lapuk dan berjamur.

Seringkali, banyak orang yang tidak merawat atap rumahnya secara rutin. Kerusakan baru terlihat ketika musim penghujan telah tiba. Tidak mengherankan ketika jasa membenahi atap sangat laku terutama pada musim hujan. Dengan kebutuhan untuk melakukan renovasi secara cepat, tidak sedikit yang bernai mengeluarkan biaya mahal untuk proses perbaikan dilakukan dengan cepat.

Pencegahan adalah solusi terbaik. Anda tentu tidak ingin mengalami hal yang disebutkan di atas. Bagaimana cara mencegah kerusakan atap dengan deteksi sedini mungkin? Satu-satunya cara adalah melakukan perawatan secara berkala. Berikut cara untuk merawat atap di segala musim.

Baca Juga: 3 Ide Untuk Mengubah Suasana Ruang Makan

Membersihkan Atap Secara Berkala

Untuk merawat atap, Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin. Bersihkan atap dari segala kemungkinan yang dapat merusak atap, seperti sampah, lumut, atau kotoran lainnya. Pastikan juga saluran air lancar dan tidak ada kotoran yang dapat menyumba. Perawatan ini perlu dilakukan rutin dua minggu atau paling tidak sebulan sekali.

Ventilasi Bersih

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu memastikan lubang ventilasi atap memiliki kondisi yang cemerlang. Artinya, tidak ada sampah, debu tebal, atau kotoran yang saling menumpuk. Hal ini perlu dilakukan supaya sirkulasi uap air dapat berjalan dengan baik. 

Bebas Dari Gangguan Binatang

Hama adalah salah satu penyebab yang sering membuat atap menjadi cepat rusak. Sebut saja tikus dan hewan pengerat lainnya. Bintang-binatang ini dapat menyusup ke dalam atap, berlarian, atau membuat sarang yang menyebabkan kondisi atap memburuk. Kotoran dari binatang ini selain jadi sumber penyakit juga dapat membuat daya tahan atap berkurang.

Untuk mencegah munculnya tikus di rumah dan menjadikan atap sebagai sarang mereka, Anda perlu berhati-hati dalam menaruh makanan. Selain itu, untuk membuang sampah sisa perlu dilakukan dengan benar juga. Tikus muncul ketika Anda tidak merawat rumah secara baik.

Pemilihan Dan Pemasangan Atap

Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan ini juga berlaku untuk atap rumah Anda. Salah satu tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memilih atap yang berkualitas tinggi. Anda bisa menambahkan perlindungan dengan cat waterproofing untuk atap atau dak beton. Cat waterproofing yang bisa Anda gunakan adalah Bitadur, produk dari Bital Asia. Cat waterproofing akan mampu melapisi atap dari rembes. Selain itu, cat waterproofing juga tidak mudah pudar dan memiliki daya rekat kuat.

Selanjutnya, Anda juga harus menyewa jasa pemasangan atap yang profesional. Kurangi faktor-faktor yang dapat menimbulkan kerusakan pada atap, seperti pemasangan oleh tukang yang tidak berpengalaman.

Periksa Plafon

Pada saat memeriksa atap, ada baiknya Anda juga melihat kondisi plafon rumah. Selain atap, plafon juga bisa menjadi penyebab kebocoran rumah Anda. Kondisi plafon yang buruk memudahkan kebocoran terjadi. Anda perlu menyemen ulang plafon yang kondisinya memang tidak ideal.

Baca Juga: Inspirasi Warna Cat Rumah Pastel Yang Kekinian

Untuk Anda yang ingin melakukan perawatan atap rumah dengan menggunakan cat dari Bital, klik di sini. Cat dari Bital, seperti cat waterproofing, dapat memberikan perlindungan yang maksimal dengan ragam warna yand ditawarkan.