Cara Mengecat Pagar Rumah Yang Harmonis

04 Apr Cara Mengecat Pagar Rumah Yang Harmonis

Salah satu komponen penting dalam membentuk kediaman adalah pagar. Banyak kegunaan yang bisa pagar berikan untuk keluarga Anda.

Salah satunya yaitu pagar berguna untuk membatasi lahan milik sendiri dengan lahan tetangga. Selain itu, pagar juga digunakan untuk melindungi rumah. Selanjutnya, pagar dibuat untuk mendukung keindahan sebuah rumah.

Pada umumnya, tinggi pagar dibuat untuk tidak terlalu tinggi. Walaupun begitu, ada beberapa orang yang menyukai rumah yang lebih tertutup dengan menggunakan pagar tembok yang tinggi. Pagar biasanya dibuat setinggi 1-2 meter. Namun, ada orang yang menggunakan tinggi pagar tidak lebih dari 1 meter saja, yang biasanya menggunakan bahan kayu. Selain keamanan, hal penting dari pagar kayu adalah untuk menunjang keindahan.

Sekarang ini, banyak pagar terbuat dari tembok. Untuk rumah yang memiliki konsep minimalis, sering menggunakan pagar yang menggabungkan antara tembok dan besi. Menyesuaikan pagar dengan selera penghuni rumah merupakan hal penting dalam konsep minimalis.

Lalu, bagaimana caranya untuk Anda memberi warna pada pagar rumah? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat mengecat pagar rumah.

Baca Juga: Cat Waterproofing, Solusi Cat Tembok Mengelupas

Bersihkan Pagar

Mulai langkah pertama dengan membersihkan pagar terlebih dahulu. Jika pagar terbuat dari besi, maka hilangkan karat atau cat lama yang masih menempel. Untuk pagar yang terbuat dari tembok, Anda bisa membersihkannya dengan mengamplas. Kemudian, tunggu hingga mengering.

Setelah selesai, Anda bisa mencuci pagar menggunakan air. Waktu yang diperlukan untuk memulai langkah selanjutnya dapat disesuaikan, diamkan semalaman atau tunggu sampai kering. Pastikan pagar betul-betul mengering secara sempurna. 

Perbaiki Bagian yang Rusak

Perhatikan kondisi pagar Anda secara baik-baik. Jika Anda temukan bagian yang rusak pada pagar, segera Anda perbaiki. Misalnya, Anda menemukan lubang yang cukup besar pada pagar tembok. Segera tutup bagian yang berlubang dengan material lain. Kerusakan tidak akan memiliki dampak langsung, namun menjadi tidak sedap untuk dipandang jika orang lain melihat kerusakan pada pagar.

Memilih Jenis Cat

Langkah berikutnya adalah melakukan pengecatan. Sebelum mengecat, gunakan jenis cat yang sesuai. Misalnya, pagar besi menggunakan cat khusus besi dan untuk pagar tembok gunakan cat eksterior. Untuk bagian luar, menggunakan cat waterproofing merupakan opsi yang bisa Anda pilih. Cat waterproofing ini mampu melindungi pagar dari berbagai cuaca, berjamur, kusam, dan tidak mudah mengelupas. 

Pasalnya, cat ini terbuat dari bahan full acrylic copolymer resin. Tidak hanya mampu memberikan warna sesuai keinginan, cat ini juga mampu melindungi dan tahan lama. Anda bisa menggunakan cat waterproofing produksi dari Bital Asia. Produk dari Bital dibuat dengan professional yang memiliki taraf internasional yang membuatnya memiliki kualitas yang sudah diakui serta aman untuk kesehatan.

Memilih Warna Cat

Selanjutnya, untuk memaksimalkan penampilan pagar Anda, sesuaikan warna untuk pagar Anda dengan warna tembok pada bagian luar rumah. Untuk pilihan warna, Anda bisa memilih warna dengan sifat netral atau yang memiliki keharmonisan dengan warna tembok bagian luar rumah. Hal ini supaya membuat warna saling melengkapi dan bukannya terlihat terpisah-pisah.

Saatnya Mengecat

Dengan semua persiapan telah selesai, Anda bisa memulai proses pengecatan pagar rumah. Gunakan teknik sapuan searah jika Anda menggunakan kuas dalam mengecat. Hasilnya pun akan terlihat lebih menarik. Kuas juga cocok bila Anda mengecat pagar yang menggunakan bahan besi, mengingat pagar besi memiliki bentuk yang ramping.

Baca Juga: 3 Ide Untuk Mengubah Suasana Ruang Makan

Jangan lupa untuk menggunakan cat waterproofing dari Bital Asia untuk memaksimalkan proses mengecat pagar Anda. Anda bisa mencari selengkapnya di sini!