Mengatasi Warna Cat Rumah Yang Salah

22 Feb Mengatasi Warna Cat Rumah Yang Salah

Dalam menilai estetika sebuah rumah, hal yang pertama akan dilihat adalah warna cat tembok. Pasalnya, warna cat tembok dapat membangun suasana untuk suatu rumah. 

Cat tembok mampu membangun mood yang positif untuk penghuninya. Sayangnya, pengetahuan mengenai pilihan warna cat tembok yang cocok untuk setiap ruangan masih kurang.

Memilih warna cat tembok memang tidak semudah yang dibayangkan. Menggunakan warna kesukaan atau sesuai selera belum tentu cocok dengan keadaan yang ada. Hal yang perlu dipertimbangkan yaitu melibatkan suasana apa yang ingin di bangun dalam sebuah rumah. Anda perlu menentukan terlebih dahulu suasana apa yang hendak dibangun, entah itu riang, sejuk, atau lembut. Dari pemilihan tema ini, Anda kemudian bisa memilih warna yang cocok untuk cat tembok.

Jika Anda terlanjur salah memilih warna cat tembok rumah, jangan terburu-buru menyimpulkan harus mengecat ulang. Mengecat ulang berarti mengeluarkan biaya dua kali untuk hal yang sama. Untuk menyiasati hal ini, berikut tips-tips yang dapat Anda terapkan.

Baca Juga: Kategori Cat Untuk Solusi Masalah Rumah Anda

Membuat Ornamen

Anda bisa menutupi warna yang salah dengan membuat ornament. Pilihan warna yang bisa dipilih beragam, seperti warna pelangi atau warna lain yang dapat menyatu dengan warna cat yang salah. Terapkan pola garis horizontal atau vertikal pada tembok untuk cat warna-warni. Pola ornament batu bata bisa diterapkan bila menggunakan cat dengan warna merah kecoklatan seperti bata

Ornament lain seperti bentuk abstrak, polkadot, atau lukisan bisa Anda terapkan. Tembok Anda akan memiliki daya tarik dan sedap dipandang mata. Untuk menjamin ornament yang akan dibuat, Anda bisa membeli cat yang bagus dan murah seperti produk dari Bital Asia. Cat Bital Asia yang berteknologi Belgia ini dapat memberikan hasil yang berkualitas untuk kebutuhan Anda.

Atur Pencahayaan

Cahaya memiliki peranan penting dalam mengangkat warna. ng dirasa salah memilih warna cat tembok. Maka, pencahayaan dalam ruangan perlu dicek terlebih dahulu. Bisa saja bukan warna yang tidak sesuai, melainkan pencahayaan ruangan tersebut yang tidak mendukung. Pencahayaan yang salah akan mengubah warna cat tembok yang dihasilkan. Ini akan menipu mata dan memberikan warna lain di penglihatan Anda.

Anda bisa memulai dengan menyesuaikan dulu warna cat dengan pencahayaan yang ada. Mengatur pencahayaan akan lebih murah dibandingkan dengan mengecat ulang. Selain itu, tenaga yang harus terbuang juga lebih sedikit.

Ganti Tema Ruangan

Anda bisa mengakali kesalahan pilih warna cat dengan mengganti tema ruangan. Kemudian, Anda bisa memberikan beberapa hiasan dinding yang mendukung agar kesalahan warna tidak terlihat kentara. Bisa juga Anda menambahkan kaligrafi atau tulisan kata-kata mutiara.

Rekomendasi selanjutnya yaitu mengganti warna karpet lantai. Warna karpet yang baru perlu diusahakan sesuai dengan warna cat tembok yang salah. Tujuannya untuk mengharmoniskan warna cat dinding dengan lantai.

Memberi Wallpaper

Menambahkan wallpaper pada salah satu bagian ruangan juga bisa Anda lakukan. Misalnya saja dengan menambah wallpaper di bagian bawah. Kemudian, bagian atas bisa ditutup dengan menggunakan hiasan dinding. Jadi, warna yang salah tidak terlihat mencolok.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tembok Yang Memiliki Noda

Salah memilih warna cat dinding sering terjadi pada banyak orang awam. Sebelum membeli cat, ada baiknya melakukan konsultasi untuk menghindari kejadian yang sama. Anda bisa berkonsultasi dengan Bital Asia dengan menekan link berikut ini!