Mengenali Dan Mengatasi Atap Dak Beton Yang Bocor

04 Feb Mengenali Dan Mengatasi Atap Dak Beton Yang Bocor

Atap dan beton kini banyak dimininati, khususnya untuk mereka yang memiliki keterbatasan lahan. Ada beberapa keuntungan yang bisa dimiliki dengan memiliki atap dak beton.

Dak bagian atas bisa digunakan sebagai lantai jika akan membuat lantai dua atau tempat jemuran pakaian. Kemudian atap jenis ini dianggap lebih aman dan memiliki ketangguhan dibandingkan atap dengan jenis yang lainnya.

Sayangnya, atap dak beton sebenarnya juga memiliki permasalahan sendiri. Atap dak beton sering mengalami pecah atau retak. Kondisi ini menyebabkan air yang ditampung dari atas bisa merebes. Bahkan untuk kondisi parah, saat hujan, air bisa mengucur deras. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai mengapa atap dak beton mengalami kerusakan.

Baca Juga: Memilih Warna Cat Tembok Yang Sesuai Untuk Rumah Anda

Faktor Penyebab Dak Rusak

Mengapa atap dak beton bisa retak? Ada banyak faktor yang menyebabkan atap dak bisa retak atau pecah. Berikut beberapa alasan atap dak retak atau pecah.

Proses Pembuatannya

Proses pembuatan beton merupakan salah satu faktor mengapa beton bisa retak. Salah memberikan komposisi yang tepat, salah menghitung seberapa besar dimensi yang ingin digunakan, dan salah melakukan tahapnya bisa menyebabkan beton mudah retak. Cara lain adalah dapat menggunakan cat waterproofing setelah dak beton telah mengering untuk memberikan perlindungan maksimal.

Dak Tidak Dirawat

Setelah di cor, dak beton harusnya dirawat. Setelah kering, dak harus disiram air. Proses ini dinamakan curing beton. Tujuannya adalah mencegah keringnya air atau menguapnya air akibat penguapan dan mencegah keretakan. Sayangnya, proses ini sering dilewatkan. Hal inilah yang membuat dak beton mudah retak.

Bahan Bangunan Tidak Sesuai Standar

Kini ada banyak bahan bangunan yang tidak sesuai dengan standar yang ada. Banyak yang menggunakan bahan bangunan yang tidak sesuai standar dengan alasan harganya murah. Padahal, bahaya yang muncul jika menggunakan bahan tersebut adalah membuat dak beton jadi mudah rusak.

Usia Dak Beton

Dak beton memiliki usia pemakaian. Ini membuatnya seperti mempunyai masa berlaku atau tanggal kadaluarsa. Jika memang usia dak beton Anda sudah cukup lama, ada baiknya mengganti dak beton yang lama dengan yang baru.

Bencana Alam

Faktor terakhir adalah bencana alam. Misalnya saja kebakaran atau gempa bumi yang dapat mengubah komposisi dak beton. Beberapa faktor tersebut bisa merusak dak beton.

Cara Mengatasi Dak Bocor

Jika atap dak beton sudah retak, maka harus segera dilakukan perawatan. Ini bertujuan agar dak beton sisi lainnya tidak ikut tertular atau mencegah kondisinya lebih parah. Belum lagi kalau retak tersebut berakibat fatal pada atap, misalnya ketika hujan air bisa merembes, pasti akan lebih repot.

Bagi yang masih bingung, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi dak bocor, berikut beberapa cara mengatasi dak bocor.

  1. Cek seluruh dak beton Anda. Apakah ada retakan, atau cat yang mengelupas.
  2. Jika terjadi retakan atau pecah, harus segera dilakukan penambalan. Anda bisa menggunakan bahan khusus pengisi retak beton, yang terbuat dari epoxy.
  3. Setelah selesai diatasi, gunakan cat waterproofing di bagian atasnya. Waterproofing ini digunakan sebagai cat pelapis anti bocor. Cat ini akan melindungi dak dari genangan air maupun cahaya matahari. Cat jenis ini kini juga memiliki berbagai macam warna. Jadi bisa Anda sesuaikan dengan selera.
  4. Lakukan pengecekan secara berkala. Ingat-ingat juga usia pembuatan dak beton. Ketika memang sudah terlalu lama, Anda bisa membongkar kemudian menggantinya dengan yang baru. Ini untuk mencegah terjadi kerusakan yang fatal kembali terjadi.

Problem seperti atap dak beton mengalami kebocoran memang tidak menyenangkan. Untuk itu, dibutuhkan cat pelapis anti bocor setelah proses pembuatan dak selesai. Ada cat waterproofing Bitadur yang dimiliki oleh Bital dapat Anda gunakan untuk melapisi atap dak beton untuk rumah Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Mengaplikasikan Cat Waterproofing

Apakah Anda ingin mencari tahu lebih banyak mengenai cat waterproofing yang dimiliki oleh Bital? Anda dapat mencari tahu mengenai cat waterproofing dan cat lainnya yang dimiliki Bital dengan klik di sini.