Perhatikan Kebutuhan Alat Sebelum Mengecat Tembok

28 Mar Perhatikan Kebutuhan Alat Sebelum Mengecat Tembok

Sebelum Anda ingin memulai untuk mengecat rumah dengan sendiri, banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Menghitung biaya pengeluaran untuk membeli cat tembok adalah salah satunya.

Menggunakan tenaga tambahan untuk mengecat warna cat tembok di rumah akan menambah biaya yang harus dikeluarkan. Maka, banyak orang yang memilih untuk melakukan pengecatan secara langsung. Apalagi jika alokasi anggaran untuk memperbaiki dan mengecat rumah sudah menipis. Anda bisa memilih opsi mengecat sendiri untuk mengurangi biaya pengeluaran.

Setelah memutuskan untuk mengecat sendiri, Anda perlu memilih cat yang bagus dan murah. Ada banyak cat yang bagus dan murah, namun kualitas yang dimiliki rendah. Selain itu, jangan membeli cat yang mahal jika Anda memutuskan untuk menghemat biaya. Salah satu cat bisa Anda miliki adalah cat dari Bital Asia.

Sekarang, saatnya Anda menyiapkan alat yang akan digunakan untuk mengecat. Hal ini supaya proses pengecatan bisa berjalan lancar. Jika Anda tidak memiliki barang-barang yang dibutuhkan untuk mengecat, Anda akan menunda lagi pekerjaan tersebut. Tidak hanya membuang waktu, Anda akan membuang tenaga.

Maka, Anda perlu mempersiapkan alat-alat pengecatan yang diperlukan. Bila Anda tidak memilikinya, Anda bisa meminjam atau membelinya terlebih dahulu. Berikut beberapa peralatan yang harus disiapkan sebelum melakukan pengecatan.

Baca Juga: Tips Mengecat Dinding Dengan Warna Gelap

Amplas

Amplas merupakan salah satu alat yang Anda butuhkan. Alat ini berguna untuk membersihkan dan meratakan permukaan dinding. Selain itu, ampas mampu untuk menghilangkan sisa cat yang tersisa pada permukaan dinding. Pada tembok baru, amplas bisa digunakan untuk meratakan acian, menghilangkan minyak, dan debu.

Amplas dibutuhkan jika menginginkan hasil cat tembok yang bagus. Harga amplas pun dapat dikatakan terjangkau. Anda bisa membeli cukup banyak jika harus mengecat satu rumah penuh.

Spatula

Alat ini memiliki bentuk pipih dengan ujungnya yang runcing. Spatula umum digunakan untuk mengangkat cat lama pada dinding yang mengumpul dan menjadi terlalu tebal. Selain itu, spatula bisa Anda manfaatkan untuk mengaplikasikan plamur di dinding.

Meteran Atau Alat Ukur

Anda membutuhkan alat ukur untuk mengetahui luas tembok yang nantinya akan dicat. Setelah menghitung luas wilayah untuk pengecatan, langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan warna cat tembok. Jangan sampai nanti cat yang Anda beli tersisa terlalu banyak atau sebaliknya.

Wadah

Sediakan wadah yang memiliki volume cukup besar. Wadah akan berguna untuk mencampur cat dan air atau sesuai dengan petunjuk pemakaian. Selain wadah, Anda juga membutuhkan pengaduk cat. Pengaduk berguna untuk menghindari Anda dari mengecat dengan menggunakan tangan.

Wadah Sebagai Alas

Anda masih membutuhkan satu wadah lagi saat mengecat sendiri tembok rumah. Wadah yang kedua ini digunakan sebagai alas atau penampung cat. Alat seperti roller atau kuas akan diletakkan di wadah ini setelah digunakan atau terkena cat. Fungsinya jelas, menampung alat untuk mencegah cat menetes sebelum diaplikasikan ke tembok.

Kuas, Roller, Atau Alat Semprot

Anda bisa memilih akan menggunakan alat apa untuk memulai mengaplikasikan warna cat tembok. Ala-alat, seperti kuas, roller, atau model semprot, merupakan beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Selain itu, Anda bisa mengkombinasikan alat-alat tersebut pada saat pengecatan supaya pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

Perlindungan Diri

Keamanan untuk Anda saat mengecat juga perlu diperhatikan. Misalnya, masker untuk melindungi sistem pernapasan dari debu, partikel, dan bau dari cat yang dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Selain itu, Anda bisa menyiapkan perlindungan untuk mata seperti kacamata tebal supaya mata tidak terkena percikan cat.

Baca Juga: Ikuti Tips Berikut Untuk Memanfaatkan Sisa Cat Waterproofing!

Salah satu cat dari Bital Asia yang bisa Anda gunakan adalah cat waterproofing yang memiliki daya tahan dari berbagai cuaca dan rembesan air. Anda bisa klik di sini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.