Tips Desain Interior Rumah Bergaya Skandinavia

22 Mar Tips Desain Interior Rumah Bergaya Skandinavia

Perpaduan warna cat tembok, lantai, dan furnitur dengan warna putih, hitam, serta abu-abu tengah populer belakangan ini. Trend ini muncul seiring perkembangan desain interior bergaya Skandinavia di Indonesia.

Desain ini mampu menarik banyak perhatian dari masyarakat Indonesia. Dengan kesan rumah yang bersih, pilihan warna yang unik, serta kesan estetik yang tinggi, maka tidak heran masyarakat Indonesia mulai berbondong-bondong mencoba menggunakan gaya ini di rumah mereka.

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan desain interior Skandinavia? Desain ini mengilhami dari kebudayaan dan kebiasaan masyarakat Eropa Utara yang menyukai warna-warna natural dan alami untuk rumah dan perabotan mereka. Sebenarnya, desain interior ini sendiri telah populer terlebih dahulu di negara-negara Skandinavia, seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark. Tidak mengherankan desain ini memadukan furnitur kayu dengan warna yang berani.

Bagaimana cara membuat rumah bergaya Skandinavia? Apakah benarkah hanya boleh menggunakan warna cat tembok hitam, putih dan abu-abu saja? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan untuk bisa membuat desain interior bergaya Skandinavia.

Warna Tembok Dan Lantai

Hal pertama yang dilakukan adalah pilih warna cat tembok dengan warna putih, abu-abu, atau gradasikan warna-warna tersebut. Anda juga dapat mengaplikasikan warna-warna tersebut untuk lantai. Warna ini akan membuat seisi ruangan menjadi lebih terang dan bersih.

Bahan Lantai

Untuk bahan lantai, lantai kayu merupakan bahan yang cocok untuk gaya desain Skandinavia. Bahan kayu digunakan supaya lantai juga bisa dicat senada dengan tembok. Untuk warna lantai kayunya, Anda bisa mempertahankan warna alami kayu tersebut jika tidak menginginkan warna kayu tersebut berubah.

Baca Juga: Kategori Cat Untuk Solusi Masalah Rumah Anda

Furnitur Yang Minimalis

Furnitur, terutama yang berbahan kayu, banyak dimanfaatkan untuk rumah dengan desain Skandinavia. Gunakan furnitur yang hanya dibutuhkan atau sesuai dengan fungsinya. Misalnya di ruang tamu, tampilan furniturnya cukup menggunakan satu meja, sofa, dan rak multifungsi. Anda bisa menambahkan vas bunga dan pada bagian bawahnya bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan majalah.

Pemilihan furnitur yang sesuai dengan fungsinya terbilang penting. Alasannya karena penggunaan furnitur yang minimalis namun tempat akan memberikan kesan luas. Walaupun ruangan yang digunakan berukuran sempit, suasana yang terlihat terkesan lapang.

Interior Berbentuk Geometrik

Saat melihat desain Skandinavia, salah satu hal yang menonjol adalah interiornya yang memiliki bentuk geometris. Bentuk geometris tersebut dapat Anda aplikaskan untuk sofa, corak pada tirai, dan bantal pada sofa. Selain itu, bisa Anda aplikasikan juga pada tembok Anda untuk menjadi hiasan.

Pencahayaan Yang Bagus

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan merupakan segi pencahayaan untuk ruangan. Dengan gaya Skandinavia ini mengutamakan alami dan natural, maka mendapat cahaya matahari yang cukup saat siang hari sangat dibutuhkan. Salah satu caranya bisa dengan membuat jendela yang besar atau pada bagian atap diberi atap yang bening.

Warna Lain

Menggunakan warna selain abu-abu muda, hitam, dan putih juga diperbolehkan. Anda bisa memilih warna cat tembok lain selain yang telah disebutkan untuk furnitur atau hiasan padadinding. Gunakan warna pastel yang lembut atau sejenisnya. Anda perlu menhindari penggunaan warna yang terang seperti neon.

Keuntungan menggunakan desain rumah Skandinavia adalah Anda membutuhkan budget yang terbilang cukup minimalis. Anda bisa memulai dengan memilih furnitur yang memang dibutuhkan terlebih dahulu. Kemudian, untuk warna cat tembok, pilih cat yang bagus dan murah, misalnya saja dari Bital Asia. Anda juga bisa menerapkan desain ini secara bertahap.

Baca Juga: Warna Cat Tembok Yang Tepat Untuk Lantai Kayu

Segera gunakan cat dari Bital Asia, yang tidak hanya memiliki banyak pilihan warna, namun juga beragam jenis cat seperti cat waterproofing. Bila Anda tertarik untuk menggunakan cat dari Bital Asia, klik di sini!