Tips Mengatasi 5 Masalah Umum Yang Timbul Setelah Pengecatan

18 Apr Tips Mengatasi 5 Masalah Umum Yang Timbul Setelah Pengecatan

Mengecat rumah merupakan cara yang bisa Anda gunakan untuk memperindah penampilan rumah. Supaya mendapatkan hasil yang memusakan, banyak orang yang menyewa jasa pengecatan.

Dengan memiliki cat rumah yang menawan, akan membuat rumah menjadi nyaman. Rumah yang nyaman, tentu akan membuat penghuninya memiliki mood yang lebih positif.

Apalagi dalam masa seperti sekarang ini, mengecat rumah merupakan sudah menjadi kebiasaan umum. Tidak banyak orang yang membiarkan dindingnya polos tanpa warna cat rumah. Namun, bukan berarti tidak ada masalah setelah memberi warna cat rumah. Apa saja permasalahan yang timbul setelah proses pengecatan selesai? Berikut rangkuman penjelasan beberapa masalah yang muncul setelah proses pengecatan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Foaming Pada Dinding Warna Cat Rumah

Bau Menyengat Cat

Munculnya bau yang menyengat setelah proses pengecatan dinding sering terjadi. Bau ini muncul karena kandungan zat kimia di dalam cat dan bau ini dapat bertahan cukup lama. Waktu yang dibutuhkan untuk bau memudar yaitu sekitar 2-3 hari atau bahkan lebih. Hal ini bergantung dari kualitas cat yang Anda beli.

Bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? Langkah pertama yaitu menstrerilkan ruangan tersebut sampai baunya menghilang. Anda akan menjadi pusing jika tinggal di ruangan tersebut. Cara lainnya yaitu dengan mencari dan membeli cat yang tidak mengeluarkan bau menyengat. Mengurangi aroma yang keluar dari cat akan mempercepat ruangan untuk bisa dihuni setelah proses pengecatan selesai.

Kesalahan Dalam Pengecatan

Terkadang, kesalahan pada saat pengecatan dapat terjadi. Misalnya, pada beberapa titik tembok ada cat yang menggelembung dan menggumpal. Biasanya ini terjadi karena terdapat kesalahan dalam teknik mengecat. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan pengecatan ulang pada bagian yang bermasalah. Mulai dengan mengamplas terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pengecatan ulang.

Noda

Masalah lain yang bisa timbul setelah proses pengecatan adalah noda atau goresan. Noda dan goresan muncul akibat bukan karena hasil pengecatan, namun faktor lain yang menjadi penyebab munculnya kedua hal tersebut. Seperti misalnya, anak kecil di rumah yang kreativitasnya sedang berkembang. Anak kecil sering menggunakan tembok sebagai medium untuk mengembangkan daya imajinasinya dengan mencoret-coret tembok.

Untuk masalah seperti ini, sebaiknya Anda menggunakan cat yang memiliki kandungan anti air dan noda. Pada saat noda dan coretan muncul, Anda bisa membersihkannya hanya dengan air. Jadi, Anda tidak perlu bersusah payah lagi dengan mengecat ulang.

Munculnya Jamur

Dalam kondisi rumah yang lembab, dinding rumah pun dapat menjadi tempat untuk munculnya jamur. Warna cat rumah pun bisa luntur akibat jamur ini. Jamur pada umumnya muncul ketika musim penghujan tiba. Kondisi dinding yang lembab ditambah hujan akan membuat dinding semakin basah, yang mana merupakan habitat ideal untuk jamur dapat muncul.

Sebagai tindakakan pencegahan munculnya jamur, Anda perlu menggunakan cat waterproofing. Kemampuan cat jenis adalah digunakan sebagai pelapis anti bocor. Cat ini akan melindungi rumah dari rembes air dan juga cuaca hujan.

Pudar

Cat yang memudar setelah mengecat merupakan masalah lain yang bisa timbul. Warna cat yang mudah pudar terjadi karena kualitas cat yang tidak begitu bagus. Ketika terpapar sinar matahari atau cuaca seperti hujan akan membuat warna cat rumah cepat pudar.

Supaya tidak mengalami kejadian seperti, belilah cat dengan kualitas yang bagus. Jangan lupa untuk menggunakan cat yang sesuai dengan fungsinya. Misalnya, untuk bagian depan rumah gunakan jenis cat yang khusus untuk eksterior. Tindakan ini berguna untuk menghindari terjadinya proses pengapuran.

Jika membutuhkan cat dengan kualitas yang bagus, gunakan produk dari Bital Asia. Mereka memiliki berbagai jenis cat khusus, termasuk untuk eksterior maupun interior. Cat yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang bagus, jadi tidak akan mudah pudar, rembes, dan tahan terhadap paparan sinar matahari serta hujan.

Baca Juga: Tips Menggunakan Cat Lebih Efisien Dan Hemat

Segera gunakan cat terbaik seperti Bital Asia untuk memiliki warna cat rumah sesuai dengan idaman Anda. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjutnya!