Warna Cat Tembok Tepat Untuk Ruang Belajar Anak

08 Mar Warna Cat Tembok Tepat Untuk Ruang Belajar Anak

Memilih warna cat tembok untuk ruang belajar anak perlu dilakukan secara tepat. Menurut penelitian, warna cat tembok pada ruang belajar dapat memengaruhi tingkat konsentasi saat belajar.

Setiap warna memiliki beberapa sifat tertentu yang dapat memberikan pengaruh kepada Anda. Seperti misalnya, warna merah merepresentasikan keberanian, semangat, dan kehangatan. Hal ini bisa dimengerti, mengingat warna memiliki kemampuan untuk mengubah mood seseorang.

Ketika belajar, anak membutuhkan suasana hati yang positif. Ini supaya saat belajar anak mampu menyerap materi yang sedang dipelajari secara maksimal. Oleh karena itu, memilih warna yang tepat untuk ruang belajar harus benar-benar diperhatikan.

Terdapat beberapa warna yang bisa Anda manfaatkan untuk ruang belajar anak. Berikut pilihan-pilihan ide warna untuk ruang belajar anak demi mendukung suasana belajar yang kondusif.

Baca Juga: 6 Kesalahan Dalam Memilih Warna Cat Tembok

Kuning Muda

Salah satu warna yang bisa Anda pilih untuk cat tembok ruang belajar anak adalah kuning muda. Warna ini mampu meningkatkan fokus anak saat belajar. Kuning muda juga dapat memberikan kesan menyerahkan dan ceria. Dengan warna ini, Anda bisa membuat ruang belajar menjadi lebih cerah sekaligus mengangkat mood positif untuk anak Anda.

Jika Anda atau anak tidak menyukai warna kuning, bisa menyesiasatinya melalui penggunaan sedikit warna ini di ruang belajarnya. Misalnya bisa digunakan untuk warna furniture, hiasan dinding, lukisan dinding, atau sebagai kombinasi warna cat tembok ruang belajarnya. Hal terpenting adalah warna tersebut harus tetap dapat terlihat.

Hijau

Warna hijau memiliki sifat yang dapat membuat tenang dan menghilangkan stres. Sehingga, hijau sangat cocok diaplikasikan di ruang belajar anak. Dengan banyaknya aktivitas yang anak Anda jalankan setiap harinya dapat membuat anak tertekan. Ditambah dengan harusnya rutinitas belajar dan mengerjakan tugas akan membuat anak rentan terhadap stres.

Supaya dapat meredam stres, kecemasan, dan rasa tertekan, bisa memulainya dengan memberi rasa nyaman dan tenang. Warna tembok ruang belajar yang hijau akan membawanya pada situasi yang lebih nyaman dan tenang. Ini akan membuat anak lebih siap untuk memulai dan menyelesaikan tugas sekolahnya.

Berikan juga tema unik pada ruang belajarnya yang hijau. Misalnya saja dengan menambahkan pohon yang rindang seperti di beberapa taman kota. Ini akan membuat anak lebih betah berada di ruang tersebut. Hal yang perlu Anda pertimbangan ketika memilih warna hijau adalah untuk tidak memberikan terlalu banyak hiasan di dinding. Ruangan akan terasa lebih sesak, bukannya tenang, jika menggunakan banyak hiasan.

Biru Muda

Tahukah Anda, jika warna biru muda ternyata mampu merangsang daya imajinasi anak? Temuan ini hasil dari penelitian oleh University of British Columbia. Dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa warna biru mampu membawa anak sedang berada di ruang terbuka dengan udara bebas. Ini akan sangat baik untuk suasana belajar anak.

Bila ingin menggunakannya dengan warna lain, kombinasikan warna biru muda dan putih. Bentuk warna putih dengan pola seperti awan. Kombinasi warna ini akan semakin membentuk tema ruang terbuka yang telah disebutkan di atas.

Selain memilih warna cat tembok yang tepat, membeli cat pelapis anti anti bocor juga sangat disarankan. Cat jenis tersebut berguna melindungi ruang belajar anak supaya terbebas dari rembes yang bisa mengakibatkan jamur tumbuh. Jangan sampai Anda mengabaikan kesehatan anak gara-gara kesalahan memilih jenis cat.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengecat Tembok Batu Bata 

Salah satu cat pelapis anti bocor yang bagus adalah produk dari Bital Asia. Cat jenis waterproofing selain memiliki pilihan warna yang beragam, cat ini juga dapat melindungi tembok Anda supaya dapat bertahan lebih lama. Informasi lebih lanjut mengenai cat Bital bisa Anda cari tahu dengan menekan link berikut ini.